oleh

Bolmong “Diganjar” Disclaimer Dari BPK, Ini Penyebabnya

-BOLMONG-94 views
PENYERAHAN: Tampak Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow ketika menghadiri penyerahan LHP-BPK di Kantor BPK RI Perwakilan Sulut (isimewa)

LOLAK—Kabupaten Bolmong meraih hasil yang mengecewakan dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), Jumat (9/6), kemarin di Kantor BPK RI Perwakilan Sulut. Pengelolaan keuangan Kabupaten Bolmong diganjar Disclaimer dari BPK, tentunya hasil ini menjadi evaluasi bagi kondisi pengelolaan keuangan di daerah lumbung beras tersebut.

Informasi yang dirangkum harian ini, dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut hanya Kota Manado dan Kabupaten Bolmong yang tidak meraih WTP. Kota Manado meraih WDP sedangkan Kabupaten Bolmong Disclaimer.
Kepala Inspektorat Bolmong Abdul Latief mengatakan, penyebab dari raihan Disclaimer pada penyerahan LHP tersebut adalah masalah aset. “Bolmong raih Disclaimer. Penyebabnya adalah masalah aset yang dari dulu tidak selesai, “katanya, kemarin.

Dirinya menjelaskan, aset-aset tersebut tersebar di masing-masing OPD yang memang sampai saat ini belum juga terselesaikan.
“Yang paling banyak aset tersebut berada di Dinas Pendidikan serta Dinas Kesehatan. Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah (Pr) yang harus kami selesaikan, “ungkapnya.

Latief menambahkan, kedepanya pihaknya akan fokus memeriksa aset di masing-masing OPD.
“Ini harus diseleaikan. Kedepan kami akan lebih fokus memeriksa satu persatu aset yang berada di OPD, agar dapat memperbaiki Disclaimer menjadi WDP maupun WTP, “harapnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow tampak kecewa. Namun, dirinya mengatakan, sejak awal sudah memprediksikan hal tersebut. “Bagus kan jadi pelajaran bagi kami supaya tidak terulang di tahun depan,” ujarnya.

Sekda Bolmong Tahlis Gallang belum mau banyak berkomentar tekait hal ini. “Perlu ada kajian untuk mengambil kebijakan lanjutan. Namun, meyakini perbaikan harus dilakukan secara mendasar,” katanya.

Ditempat yang sama, Gubernur Olly Dondokambey menganggap wajar Bolmong mendapat opini tersebut. Menurutnya, itulah kenapa Yasti Soepredjo Mokoagow harus menjadi Bupati Bolmong. “Makanya kita percayakan kepada pemerintahan yang baru untuk memperbaiki semua itu,” singkatnya. (yrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed