oleh

Talenta Terbaik El Real Hancurkan Tembok Kokoh Nyonya Tua

-SPORT-23 views

Kalah lagi. Juventus kalah lagi di final Liga Champions. Menghadapi Real Madrid di Stadion Millennium, Cardiff, Minggu (4/6) dini hari WIB, Bianconeri menyerah dengan skor 1-4.

Gol-gol Real Madrid pada pertandingan ini dicetak oleh Cristiano Ronaldo (20′ & 64′), Casemiro (61′), dan Marco Asensio (90′). Sementara, Juventus hanya mampu membalas lewat Mario Mandzukic (27′).

Real Madrid pun berhasil menjadi tim pertama yang memertahankan gelar Liga Champions selama dua musim berturut-turut sekaligus membawa pulang trofi ke-12. Sementara, ini merupakan kekalahan ketujuh Juventus dari sembilan final yang telah mereka lakoni.

Akhirnya, Massimiliano Allegri benar-benar memilih Andrea Barzagli dibanding Juan Cuadrado. Juventus pun menanggalkan pakem 4-2-3-1 yang pada paruh musim kedua menjadi andalan mereka dan memilih 3-4-1-2. Barzagli dipilih karena pemain satu ini memang lebih fasih dalam bertahan, sementara Dani Alves sama sekali tidak kesulitan jika diminta untuk menyerang sekaligus bertahan sebagai wing-back.

Dari kubu Real Madrid, ada satu kejutan dalam diri Dani Carvajal. Bek kanan Tim Nasional Spanyol ini akhirnya dimainkan setelah sebelumnya sempat diragukan akibat cedera. Sisanya, Zinedine Zidane menurunkan pemain-pemain yang memang sebelumnya berjasa mengantar Los Blancos ke partai puncak, termasuk Isco Alarcon yang bermain di pos milik Gareth Bale.

Juventus mendapat giliran sepak mula pertama pada laga kali ini dan itu tidak mereka sia-siakan. Setidaknya dalam sepuluh menit pertama, mereka menekan pertahanan Real Madrid. Lewat perpaduan umpan panjang dan umpan silang, mereka merepotkan pertahanan El Real. Hal ini terlihat dari adanya tiga upaya tepat sasaran dari Gonzalo Higuain dan Miralem Pjanic.

Setelah itu, Real Madrid mampu mulai bangkit dari tekanan. Perlahan, Luka Modric dkk. sanggup menekan Juventus untuk bertahan di area mereka sendiri. Namun, rapatnya pertahanan Juventus membuat Real Madrid harus terus menerus menekan dari sayap.

Walau begitu, tekanan Real Madrid ini akhirnya berbuah hasil. Lewat umpan tarik Carvajal dari sisi kanan, Cristiano Ronaldo mampu menyambut bola dengan tendangan kaki kanan yang bersarang di sudut kanan gawang Gianluigi Buffon.
Juventus tidak menyerah, bagaimana pun, ini adalah kesempatan yang sama sekali tak bisa mereka buang lagi. Berawal dari sebuah umpan panjang dari Leonardo Bonucci, Alex Sandro yang merangsek dari sisi kiri menyambutnya dengan sebuah umpan silang.

Umpan silang itu diterima Gonzalo Higuain. Dengan dadanya, penyerang Argentina itu menyodorkan bola kepada Mario Mandzukic. Setelah mengontrol bola dengan dada, Mandzukic melepas sebuah tendangan setengah salto yang bersarang di sudut kiri gawang Keylor Navas.

Setelah gol Mandzukic tersebut, kedua tim terus berusaha untuk mencetak gol tambahan. Akan tetapi, cara-cara yang dilakukan Juventus dan Real Madrid cenderung monoton. Kedua tim ini sama-sama mengandalkan umpan-umpan silang dan tendangan jarak jauh. Hasilnya, babak pertama pun ditutup dengan skor imbang 1-1.

Awal babak kedua berjalan berkebalikan dari babak pertama. Kali ini, giliran Real Madrid yang mengambil inisiatif serangan. Anak-anak asuh Zinedize Zidane ini terlihat lebih leluasa dalam melakukan pergerakan. Meski begitu, dua peluang yang mereka bikin dalam 15 menit pertama babak kedua justru berasal dari tendangan jarak jauh Luka Modric dan Marcelo.

Terus mencoba, Real Madrid akhirnya berhasil. Casemiro yang mencoba peruntungan dari jarak sekitar 35 meter dari gawang membobol gawang Buffon untuk kali kedua. Bola hasil tendangan keras Casemiro itu membentur kaki Sami Khedira terlebih dahulu sehingga berubah arah dan mengecoh Buffon.

Upaya Real Madrid lewat kembali berbuah gol. Hanya tiga menit usai gol Casemiro itu, nama Ronaldo kembali terpampang di papan skor. Kapten Timnas Portugal itu berhasil memanfaatkan umpan silang Luka Modric dan menaklukkan Buffon di tiang dekat.

Juventus sendiri sama sekali tak berkutik di babak kedua. Pressing yang ketat dan tepat sasaran dari para pemain Real Madrid mampu mematikan umpan-umpan serta pergerakan para pemain Juventus. Buktinya, sampai pada menit ke-75, Juventus sama sekali belum membuat upaya mencetak gol. Jangankan begitu, sampai di kotak penalti Real Madrid pun mereka tak pernah.

Real Madrid sendiri benar-benar dominan karena memiliki flair players yang lebih banyak. Kombinasi Isco, Modric, dan Toni Kroos membuat bola seakan tak pernah lepas dari kaki pemain-pemain Los Merengues.
Derita Juventus semakin menjadi setelah pemain pengganti mereka, Juan Cuadrado, dikartu merah wasit Felix Brych usai melakukan dorongan kepada Sergio Ramos. Alhasil, Juventus pun makin tenggelam dalam dominasi Real Madrid.

Dominasi ini terejawantahkan lewat gol keempat Madrid yang dicetak Marco Asensio. Winger yang dibeli dari Real Mallorca itu mampu meneruskan umpan mendatar Marcelo dengan tendangan menyusur tanah yang tidak mampu dihentikan pemain-pemain Juventus.

Skor 1-4 terpampang di papan skor Stadion Millennium saat wasit meniup peluit panjang. Real Madrid pun pulang dengan trofi Liga Champions ke-12 mereka.

Sumber: Kumparan.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed