oleh

Ini Penyebab Terjadinya Kangker Lidah

-LIFESTYLE-497 views

Istimewa.

Jakarta-Hingga kini, sejumlah ahli mengaku belum menemukan secara pasti apa yang menjadi pemicu seseorang terkena kanker lidah. Mengutip dari situs web Cancer Research UK, banyak merokok dan sering minum alkohol merupakan faktor risiko utama kanker lidah.

Penyebab lainnya adalah masalah kebersihan mulut yang tidak dijaga. Bercak putih kental pada selaput lendir rongga mulut bisa juga menjadi faktor pemicu kanker lidah. Selain itu, iritasi yang terjadi pada gigi yang ditambal atau penggunaan gigi palsu yang tidak pas juga berkontribusi terhadap perkembangan kanker lidah.

Saat Anda menemukan sejumlah titik yang menyerupai sariawan di area mulut dan tak kunjung sembuh, Anda perlu waspada dan segera memeriksakannya. Sebab, kanker lidah nyatanya pandai mengelabui dan membuat Anda abai akan keberadaannya.

Ciri-ciri Anda mungkin terserang kanker lidah adalah sebagai berikut:

Terjadi rasa nyeri di sekitar lidah sampai ke rahangTerdapat benjolan atau penebalan daging di bagian dalam mulut sakit tenggorokan dan merasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan dan tak bisa dikeluarkanKesulitan menelan dan mengunyah makananSulit menggerakkan lidah dan rahang

Jangan sepelekan hal-hal yang terjadi dalam rongga mulut Anda, apalagi jika sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Segeralah konsultasi dengan dokter untuk mencegah penyakit bertambah parah. Ingat kangker lida, dapat mengintai siapa saja. (*)

Sumber: Klikdokter.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed