oleh

Jika Sayang Anak, Penyakit Ini Harus Diantisipasi di Sekolah

-LIFESTYLE-118 views
Ilustrasi. (Ist)


LIFESTYLE– Salah satu ketakutan terbesar bagi orang tua adalah jika anak-anak di lingkungan sekolah buah hatinya mulai banyak yang jatuh sakit. Dikarenakan di lingkungan sekolah anak-anak akan bermain dan belajar bersama, maka sebuah penyakit cenderung akan lebih mudah untuk menyebar pada seluruh anak yang ada di sekolah. Berikut adalah penyakit-penyakit yang cenderung mudah menular di sekolah sehingga sebaiknya diwaspadai oleh orang tua.

1.Influenza

Penyakit yang kerap dianggap sebagai penyakit yang ringan ini memang sangat mudah menular melalui media udara. Gejala dari influenza sendiri bisa berupa batuk-batuk, pilek, demam, dan rasa nyeri pada tenggorokan. Jika anak kita terkena influenza, sarankan anak untuk menggunakan masker agar tidak menulari teman-temannya.

2.Cacar air

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini bisa menyebabkan gejala seperti demam dan munculnya lesi kulit seperti benjolan yang berisi cairan. Cairan pada lesi inilah yang bisa menular pada orang lain. Penderita cacar air bisa menularkan penyakitnya melalui kontak kulit atau bahkan udara saat berbicara dengan jarak dekat.

3.Kutu rambut

Salah satu masalah kesehatan yang paling menjijikkan dan merepotkan ini bisa menular saat anak-anak meminjam topi atau sisir dari teman-teman yang rambutnya sudah dihuni oleh kutu. Jika hal ini terjadi, anak akan mengalami gejala seperti rambut yang terasa gatal-gatal.

4.Konjungtivitis

Penyakit yang memicu peradangan pada bagian putih mata ini bisa disebabkan oleh virus dan bakteri. Gejala dari penyakit ini adalah mata yang kemerahan dan keluarnya kotoran mata terus-menerus.

5.Skabies

Penyakit yang disebabkan oleh sejenis parasit ini bisa menyebabkan gatal-gatal pada beberapa bagian tubuh, khususnya pada jari-jari tangan. Skabies sendiri kerap menular pada anak-anak yang tinggal di satu asrama.

Sumber: DokterSehat.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed