oleh

Pemkot Manado Menang Atas Gugatan Istri Jimmy Asiku, IMB Lagoon Tamansari Sah

-HUKRIM-301 views

MANADO – Tim kuasa Hukum Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Franklin A. Montolalu, SH, ST akhirnya boleh bernafas lega setelah dikabulkannya permohonan PK oleh MA atas gugatan pihak penggugat Priska Angelika Jill Turangan yang merupakan istri bos IT Center, Jimmy Asiku, warga Bahu Lingkungan III Kecamatan Malalayang, terkait penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) nomor : 202/7137/2000/BP2T/X/2012 milik PT Filadelfia Blessing Family (FBL) untuk pendirian gedung bertingkat permanen, Apartemen dan Condotel The Lagoon Tamansari di kawasan reklamasi Bahu, Kecamatan Malalalayang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Franklin A. Montolalu, SH, ST bersama rekan kuasa Hukumnya Franky Mantiri, SH kepada sejumlah wartawan saat jumpa pers di Best Western The Lagoon Hotel Manado, Senin (13/11).

“Kami mengawal perkara ini sejak dilayangkan 2015 lalu. Dan dalam proses di PTUN Manado kami menang, kemudian karena tak puas, pihak penggugat melakukan banding di PT TUN Makassar dan dimenangkan pihak penggugat. Selanjutnya kami melakukan kasasi ke MA,” jelas Frangky Mantiri salah satu tim Kuasa Hukum Pemkot Manado.

Sesuai hasil putusan rapat akhirnya MA mengabulkan PK dari para tergugat, Kamis 7 September 2016 dihadiri Dr. H. Supandi, SH, M.Hum sebagai Ketua Muda MA RI urusan Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara yang ditetapkan Ketua MA sebagai Ketua Majelis, Dr. H. M. Hary Djatmiko, SH, MS dan Dr. H. Yulius, SH, MH, Hakim-hakim Agung sebagai majelis beserta Hakim-hakim anggota majelis dibantu Panitera pengganti, Andy Nur Insaniyah, SH.

Putusan MA itu sebagaimana tertuang dalam salinan amar putusan perkara PK Tata Usaha Negara nomor : 130PK/TUN/2017.

“Dengan adanya putusan ini, secara yuridis jelas bahwa tidak ada permasalahan terhadap penertiban IMB gedung Apartemen dan Condotel The Lagoon Tamansari kawasan Bahu Mall,” ungkap Mantiri.

Sementara Montolalu menambahkan bahwa dalam proses kasasi diakuinya pihaknya kalah. Hakim mengabulkan Kasasi penggugat sesuai amar putusan MA Nomor 288 K/TUN/2016 tanggal 5 Oktober 2016.

“Kami mengajukan PK dan hasilnya Majelis Hakim Agung mengabulkan sekaligus membatalkan putusan kasasi tadi dari pihak penggugat. Memang ada beberapa poin dari gugatan Kuasa Hukum penggugat yang memiliki keganjilan jika ditinjau dari substansi hukum,” tandas Montolalu.

Akhirnya berdasarkan putusan PK yang dikabulkan MK, kedua Kuasa Hukum pemkot Manado ini melihat secara hukum proses penerbitan IMB PT FBL atas pembangunan gedung bertingkat permanen, Apartemen dan Condotel The Lagoon Tamansari di kawasan reklamasi Bahu oleh pemkot Manado sudah sesuai aturan dan sah karena telah memenuhi ketentuan administratif. Pun surat rekomendasi dikeluarkan Dinas Tata Kota nomor 1625/D.10/VIII/2012 yang menjadi salah satu objek gugatan, tidak mendasar untuk digugat

“Jadi tidak ada kekeliruan dalam proses penerbitan IMB milik PT Filadelfia Blessing Family ini. Semuanya sudah sah dan sesuai aturan hukum yang berlaku,” pungkas kedua Kuasa Hukum ini. (vil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed