oleh

BKKBD Pertajam Peran PLKB Se-Kabupaten Bolmong

PELATIHAN: Tampak suasana saat pelatihan PLKB yang diselenggarakan Dinas BKKBD Bolmong. (Foto:Rivo/SK)

LOLAK–Pemkab Bolmong melaksanakan Pelatihan bagi Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) gaya baru. Hal ini untuk menunjang program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga.

Kegiatan yang dihadiri PLKB Se-Kabupaten Bolmong dilaksanakan di Kantor Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DPPKB), Kamis (3/5), kemarin.

Menurut Kepala DPPKB Bolmong Ketut Kolak, kegiatan ini dalam rangka pencatatan pelaporan bagi bidan-bidan se-kabupaten Bolmong untuk kegiatan yang dilakukan selama beberapa bulan terakhir di tengah-tengah masyarakat.

“Fungsi PLKB merencanakan, mengorganisasikan, mengembangkan, melaporkan dan mengevaluasi program KB Nasional dan program pembangunan lainnya di tingkat desa atau kelurahan,” jelasnya.

Ketut menjelaskan, peran PLKB sebagai pengelola pelaksanaan kegiatan Program KB Nasional di desa atau kelurahan. Penggerak partisipasi masyarakat dalam program KB Nasional di desa/kelurahan.

“Penyuluh KB juga merupakan salah satu komponen penting dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, juga sebagai indikator kemajuan yang telah dicapai oleh suatu daerah. Penyuluh KB bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam memberikan berbagai penyuluhan program KB,” jelasnya.

Ketut berharap, kedepanya para peserta dari 17 kecamatan dan 200 sukarelawan agar dapat memahami dengan jelas tugas dan fungsi sebagai PLKB sebagai ujung tombak program DPPKB Bolmong.

“Para peserta harus menyampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya yang akan ingin berumah tangga harus benar-benar mempersiapkan secara matang agar keluarga sehat dan sejahtera,” harapnya. (yrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed