oleh

KPU Bolmong Perkenalkan Rumah Pinter Pemilu Kepada Masyarakat

PERKENALKAN: Tampak Ketua KPU Bolmong Fahmi Gobel saat memaparkan fungsi Rumah Pinter Pemilu kepada masyarakat. (ist)

LOLAK—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolmong menggelar kegiatan peresmian dan sosialisasi rumah pinter, di Kecamatan Lolak.

Dalam kesempatan tersebut, Komisioner KPU Bolmong Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Deandels Somboadile mengatakan, rumah pinter pemilu merupakan program KPU RI. Dan Kabupaten Bolmong, diberikan kesempatan dilaksanakan untuk tahun ini.

“Rumah pintar pemilu merupakan sarana untuk menyempurnakan subtansi aktivitas program kegiatan pendidikan pemilih yang implementasinya, disesuaikan dengan kemampuan sumber daya dan anggaran dengan mengedepankan keunggulan karakteristik dari masing-masing daerah,” katanya.

“Pada rumah pintar pemilu ini, satu sisi berbagai program pendidikan pemilih dilakukan. Dan pada sisi yang lain, menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu dalam membangun gerakan. Berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi disediakan di rumah pintar pemilu ini,” tambah Deandels.

RESMIKAN: Tampak Ketua KPU Bolmong Fahmi Gobel saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu.

Dirinya mengungkapkan, untuk menjalankan fungsi itu, berbagai hal tentang pemilu dan demokrasi dapat disampaikan melalui penayangan audio visual, ruang pamer, ruang Simulasi dan ruang diskusi. Pada fungsi yang lebih luas, konsep rumah pintar pemilu dapat difungsikan menjadi semacam museum pemillu.

“Konsep rumah pintar pemilu menjadi penting untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum,” ungkapnya.

Lanjut Deandels, sehingga hadirnya sebuah sarana untuk melakukan edukasi, serta nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan.

“Jadi bagi para pemilih pemula, dapat menjadi pemilih cerdas, juga dapat menjadi pemimpin yang berkualitas dan melahirkan kebijakan yang memihak pada tujuan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

SAMBUTAN: Tampak Komisioner KPU Bolmong Deandels Somboadile saat memberikan sambutan pada peresmian Rumah Pinter Pemilu.

Sementara itu, Ketua KPU Bolmong Fahmi Gobel menambahkan, rumah pemilih menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu dalam melahirkan gagasan pembaruan dan perbaikan proses politik dan demokrasi.

“Rumah pintar pemilu tidak akan berjalan dengan maksimal tanpa dukungan aktivitas program. Untuk itu perluh adanya dukungan dari semua pihak,” tuturnya.

Gobel menjelaskan, pendidikan pemilih yang berkelanjutan dan terukur, serta edukasi kepada masyarakat merupakan target (output) yang harus dapat terwujud secara berkesinambungan (sustainable) sebagai bagian dari ikhtiar KPU. Sehingga dapat menciptakan pemilih yang cerdas dalam pemilu dan demokrasi.

“Untuk mewujudkan output tersebut, pengelolaan rumah pintar pemilu dirancang dengan optimal disetiap jenjang, dan berkreasi dalam mengembangkan aktivitas didalamnya,”pungkasnya. (adve)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed