oleh

PKK Bolmong Tampilkan Kreativitas dan Inovasi Pada Lomba HATINYA PKK

LOLAK–Tim Penggerak (TP) PKK Bolmong dibawah kepemimpinan Ketua Lesly Lanny Kaligis mengikuti lomba HATINYA PKK dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), serta pengelolaan Administrasi PKK dan Lembaga-lembaga desa, yang dilaksanakan TP-PKK Provinsi Sulut, Selasa (17/7), kemarin.

Dimana dalam Penilaian tersebut, TP-PKK Bolmong menampilkan kreativitas serta inovasi dalam memanfaatkan halaman rumah untuk ditanami beranekaragam tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, seperti Rica, Tomat, Sayur, serta bumbu dapur lainya.

“Untuk lokasi penilaian difokuskan di kebun PKK Desa Mopait. Jadi tim penilai dari PKK Provinsi turun disana dan langsung melakukan penilainya,” kata Ketua TP-PKK Bolmong Lesly Lanny Kaligis.

Dirinya menjelaskan, HATINYA PKK merupakan salah satu program pokok PKK. Dimana PPK Kabupaten melakukan upaya pendampingan kepada Kecamatan dan instansi terkait dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami beranekaragam tanaman yang bermanfaat.

“Pada intinya hal ini tentang pemanfaatan halaman pekarangan sebagai sumber gizi pangan keluarga,” terangnya.

Lesly berharap, dalam mewujudkan pemenuhan pangan dan gizi keluarga, masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam beraneka ragam tanaman seperti rica, tomat, sayur sayuran dan berbagai bumbu dapur sebagai dapur hidup dan tanaman obat keluarga.

“Untuk kriteria penilaian pada dasarnya semua halaman yang ada harus dimanfaatkan dengan menanam tanaman kebutuhan keluarga. Untuk itu kami (PKK-red) melakukan pendampingan kepada PKK tingkat desa serta masyarakat dalam menata dan menanam tanaman,” ungkapnya.

Istri dari Wakil Bupati (Wabup) Bolmong ini menuturkan, yang terpenting dalam lomba tersebut adalah partisipasi dari masyarakat setempat dan bagaimana memanfaatkan potensi yang ada termasuk bagaimana menjaga tanaman agar tetap terpelihara dengan baik.

“Yang pasti kami TP-PKK Bolmong sudah menampilkan yang terbaik dalam lomba ini. Yang terpenting disini adalah kebersamaan, sinergitas serta kekompakan terus terjaga dalam menopang roda pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris TP-PKK Bolmong Febrianty menambahkan, selain lomba HATINYA PKK, pihaknya juga mengikuti lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

“UP2K maksudnya, segala kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga, baik, secara perorangan maupun kelompok, yang modalnya bersumber dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah, bantuan luar negeri, swasta, serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat,” tambahnya.

Walalangi mengatakan, PKK Provinsi Sulut juga menilai tentang Administrasi PKK dan Lembaga-lembaga desa yang berada di TP-PKK Bolmong.

“Dengan adanya lomba ini, banyak manfaat yang kita dapat. Misalnya, jika kita ingin memasak, kita tidak lagi repot-repot ke pasar untuk membeli bahan-bahan dapur, karena dihalaman rumah kita sudah ditanami bumbu-bumbu sebagai dapur hidup. Ini juga untuk kebutuhan hidup kita sehari-hari,” kuncinya. (yrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed