oleh

KPU Bolmong Hasilkan Beberapa Kesepakatan Saat Rakor Kampanye

RAKOR: Tampak Ketua Divisi SDM dan Sosialisasi Deandels Somboadile saat memimpin Rakor tentang Kampaye. (ist)

LOLAK–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmong menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait kampanye bersama Partai Politik (Parpol), Pemkab Bolmong, Polres Bolmong serta Dandim 1303 Bolmong di Hotel Sutan Raja.

Dimana dalam Rakor tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan tentang masa kampanye.

Ketua Divisu SDM dan Sosialisasi KPU Bolmong Deandels Somboadile menjelaskan, beberapa kesepakatan diantaranya yang belum diatur di PKPU. Misalnya titik kampanye di 202 desa/kelurahan di Bolmong.

“Yang kita sepakati adalah hal-hal yang belum diatur secara teknis, menyesuaikan dengan kondisi daerah,” kata Daendels.

Sementara itu, Sekda Bolmong Tahlis Gallang menyampaikan pihaknya, akan menyiapkan nomor register untuk alat peraga kampanye, sehingga memudahkan penyelenggara dalam mengidentifikasi APK yang dipasangkan sesuai dengan yang diatur.

“Kemudian dilarang juga memasang spanduk yang merintangi jalanan atau dipinggir jalan karena menggangu arus lalulintas dana melanggar etika serta estetika,” jelas Tahlis.

Selain itu, dari pihak Polres sendiri melalui salah satu personilnya Irwan Pakaya menjelaskan, untuk surat pemberitahuan kepada Polres, adalah mekanisme yang diatur dalam Peraturan Kapolri nomor 6 tahun 2017. Sebaiknya, Parpol merujuk kesitu agar memudahkan dalam pemberitahuan kampanye pada pertemuan-pertemuan,” urai Irwan.

Ketua Bawaslu Bolmong, Pangkerego mengatakan Kampanye harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan, bila melanggar pasti akan ditindak. Kesepakatan pada hari ini juga menjadi bagian dari aturan yang akan diberlakukan dalam kampanye nanti.

“Pada dasarnya, bila Parpol melanggar pasti ada sanksi yang dikenai,” tegas Pangkerego. (yrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed