oleh

Eba Nani: Menyusun Materi Pendidikan Selaras Dengan Potensi Daerah.

Abdul Eba Nani

BOLMUT- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menyusun materi pendidikan harus selaras dengan potensi daerah agar memudahkan penyerapan kerja para kelulusan SMA atau SMK dan sederajatnya.

Hal ini dikatakan wakil ketua DPRD Bolmut Abdul Eba Nani. “Perlu segera disusun muatan lokal pendidikan seperti mengenai kawasan pertanian, perikanan, dan kelautan, pariwisata serta potensi lain yang ada di Bolmut, agar lulusannya dapat diterima bekerja di perusahaan,” ujarnya.

Menurut dia, diperlukan adanya materi pembelajaran siswa yang selaras dengan bidang kerja tersebut , mengingat potensi-potensi di Bolmut hingga saat ini belum maksimal dimanfaatkan. “Harapannya.

Lanjutnya, untuk materi pembelajaran itu bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan keterampilan yang diharapkan. “Contohnya meski hanya lulusan SMA atau SMK tapi keahlian mereka dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang perikanan atau pariwisata,” katanya.

Dia menuturkan, dukungan Pemda bukan hanya pada soal anggaran akan tetapi harus meramu muatan lokal pendidikan yang berbasis pada kawasan potensi daerah dan kurikulum lokal. (vid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed