oleh

500 Mahasiswa Bakal Ikuti Semnas Parlemen Kampus

MANADO – Sebanyak 500 Mahasiswa dari berbagai perwakilan Universitas di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), akan mengikuti Seminar Nasional (Semnas), Parlemen Kampus 2019 serta Pemilu Serentak 2019 di Kantor DPRD Sulut, Rabu hingga Kamis (27-28), pukul 09.00 Wita.

Kegiatan ini diselenggarakan DPR RI bekerjasama dengan Universitas Negeri Manado (Unima). Dengan tema bertajuk “Dinamika, Tantangan dan Harapan”. Kegiatan seminar ini sekaligus diadakan pelatihan simulasi sidang DPR RI.

“Target peserta 500 orang perwakilan dari kampus- kampus se-Sulut,” ungkap Ketua Panitia Semnas Parlemen Kampus 2019 Nadhifatul Lailiyah.

Dirinya mengajak, mahasiswa yang ingin mendaftar langsung saja ke Unima, UKIT, Unsrat, IAIN Manado, Universitas Katolik De La Salle Manado, Politeknik Negeri Manado.

Ungkap Nadhifatul, tujuan dari kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi mahasiswa terkait kedudukan, tugas dan fungsi lembaga legislatif, serta wawasan sistem pemerintahan dan politik secara konstitusional.

” Kegiatan ini sangat bagus untuk mahasiswa. Sayang tidak ikut, karena ini dapat membentuk mahasiswa yang memiliki keunggulan kognitif, afektif dan psikomotorik terkait dengan kelembagaan legislatif,” kata Nadhifatul.

Untuk narasumber, dia membeberkan panitia menghadirkan Utut Adianto (Wakil Ketua DPR RI), DR Ahmad Basara (Anggota DPR RI/Wakil Ketua MPR), Andrei Angouw (Ketua DPRD SULUT), DR Ardiles Mewoh (Ketua KPU Sulut), DR Goinpeace Tumbel (Akademisi/Dosen FIS Unima), Iskandar (Sekjen DPR RI) kemudian Damayati (Deputi Bidang Persidangan Setjen DPR RI).

Sementara itu, Rektor Unima Prof DR Julyeta Runtuwene mengatakan, sangat mendukung kegiatan ini. “Kegiatan ini bagus, saya harap banyak mahasiswa Unima ikut. Intinya kami sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” tuturnya.

Dukungan juga datang dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unima Reflindo Loho. Dia mengatakan sangat mendukung kegiatan ini, karena berkaitan juga dengan masa depan mahasiswa.

“Mahasiswa hari ini bisa menjadi pemimpin di hari esok karena tak sedikit lulusan universitas yang akhirnya terjun di dunia politik. Jadi menurut saya kegiatan ini wajib diikuti mahasiswa Sulut.” Pungkas Loho

Dia juga mengajak BEM agar mensosialisasikan kegiatan seminar serta pelatihan ini. “Secara pribadi saya mengajak kepada teman-teman BEM se-Sulut untuk mensosialisasikan kegiatan ini agar banyak yang ikut, karena pendaftaran masih dibuka, dan sekali lagi kegiatan ini gratis,” Tutupnya. (sky)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed