oleh

Diduga Terlibat Kasus Narkoba, KPU Bolmong Gugurkan Caleg PAN

LOLAK–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmong menggugurkan salah satu Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Bolmong dari Partai Amanat Nasional (PAN) Bolmong yakni KSRM alias Titin. Dimana Caleg tersebut diduga tersandung kasus Narkoba.

Putusan tersebut diambil setelah KPU Bolmong melakukan konsultasi ke KPU RI tanggal 21 Januari 2019 dan melaksanakan pleno perubahan kedua Daftar Calon Tetap (DCT).

“Jadi Caleg tersebut dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat atau TMS karena tersandung kasus Narkoba. Hal ini sesuai Surat Lepas dari Rutan Kotamobagu kelas2b nomor W.27.PAS.PAS.01.01.02. Pada tanggal 17 Desember 2018 telah dibebeskan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kotamobagu,” jelas Komisioner KPU Bolmong Divisi Teknis Alfian Pobela.

Dia menguraikan dasar dari ditetapkanya TMS tersebut tertuang dalam surat KPU RI perihal calon tidak memenuhi syarat pasca penetepan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Jadi pada surat tersebut di pasal 1 b dinyatakan tidak lagi memenuhi syarat meliputi, poin pertama mengatakan, terbukti melakukan tindak pidana lainya. Dasar-dasar inilah yang kami ambil, sehingga bersangkutan dinyatakan TMS,” urai Pobela.

Sementara itu, Ketua KPU Bolmong Lilik Mahmuda menjelaskan, langkah yang ditempuh dalam penetapan TMS tersebut sesuai prosedur yang harus diambil terkait penetapan DCT.

“Kami sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada pengurus partai terkait hasil pleno, bahwa salah satu Caleg di partai tersebut TMS,” katanya.(yrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed