oleh

Sambangi Perkimtan Sulut, DPRD Perjuangkan Anggaran Perumahan

SAMBANGI: Tampak para personil anggota Komisi II saat melakukan Kunker di Perkimtan Sulut. (ist)

LOLAK–DPRD Bolmong melalui Komisi II melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Manado.

Kunjungan yang dilakukan anggota Komisi II ini untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan rakyat dan memperjuangkan anggaran perumahan yang ada di Dinas Perkimtan Sulut, yakni Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) serta bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Selain itu, Komisi II juga melakukan koordinasi terkait pemanfaatan rusunawa yang terletak di Kecamatan Lolak, dengan anggaran yang besar, namun belum dimanfaatkan.

“Saat ini masih banyak warga yang membutuhkan bantuan RTLH dan BSPS,” ujar Chindra Opod, salah satu anggota Komisi II DPRD Bolmong.

Menurutnya, ini sudah merupakan kewajiban dari anggota DPRD untuk menyerap dan menghimpun aspirasi masyarakat.

“Kami menampung aspirasi ini, dan selanjutnya memperjuangkan guna kepentingan masyarakat banyak,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perkimtan Sulut Desmar Laoh menjelaskan, bantuan BSPS adalah salah satu program perumahan dengan sasaran perorangan.

“BSPS untuk peningkatan kualitas rumah dan pembuatan bangunan baru,” ujarnya.

Untuk kriteria calon penerima BSPS, Desmar membeberkan bahwa calon penerima harus sudah menikah, sudah berdomisili 6 bulan, memiliki kartu keluarga, memiliki rumah tempat tinggal satu-satunya, memiliki hak kepemilikan, punya penghasilan di bawah UMP, masih mampu berswadaya, serta rumah dan tanah tak berstatus sengketa.

“Tahapannya lewat usulan desa ke kabupaten, selanjutnya ditujukan ke provinsi, kemungkinan ke Satker pusat. Sedangkan untuk penerimanya, tak masalah dia janda atau duda,” tandasnya (yrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed