oleh

TP-PKK Bolmong Lakukan Perekaman KIA

LOLAK—Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bolmong melakukan perekaman Kartu Indentitas Anak (KIA). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Desa Mogoyunggung II, Kecamatan Dumoga Timur, dilaksanakan bersama dengan instansi terkait yakni Disdukcapil Bolmong, kepada 141 anak.
Ketua TP PKK Kabupaten Bolmong Lesly Lani Kaligis mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Anak Nasional, dengan mengambil tema “kita anak indonesia, kita gembira”. “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian PKK kepada anak-anak yang berada di Kabupaten Bolmong. Dimana KIA diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional anak,” jelasnya.
Menurutnya, PKK yang juga sebagai motor penggerak pembangunan di masyarakat yang didalamnya ada pengembangan anak dapat mendorong pendataan KIA sebagai pengenal. Selain itu dengan adanya KIA dapat menjadikan anak mengakses pelayanan publik secara mandiri. Dimana KIA terbagi antara 0-5 tahun yang belum menggunakan foto dan yang 5-17 tahun sudah menggunakan foto serta golongan darah. “Untuk itu PKK melakukan kegiatan tersebut. Dengan begitu pelayanan pendataan KIA yang merupakan program pemerintah pusat dapat terlaksanakan bersama dengan instansi yang ada di Kabupaten Bolmong,” ungkanya.
Sementara itu Sekretaris TP-PKK Bolmong Febrianty Walalangi mengatakan KIA diterbitkan untuk mendorong peningkatan data, perlindungan dan pemenuhan hak kontitusional berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016. “Diharapkan kedepan anak-anak yang berada di Bolmong cerdas dan penuh kebahagiaan,” tandasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed