oleh

Gunakan Thermal Gun dan Desinfektan, Dinkes Bolmut Cegah Corona Diperbatasan

BOLMUT– Pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 gencar dilakukan  Pemkab Bolmut pada Rabu, (24/3) 2020. Dinas Kesehatan melalui Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 menyaring orang hendak memasuki wilayah Bolmut.

Penyaringan digelar diperbatasan Kecamatan Pinogaluman dan Sangkub dengan mengukur suhu tubuh bagi pengendara maupun penumpang, bahkan mobil yang hendak melintas disemprot dengan desinfektan. “ Penyaringan ini adalah salah satu langkah serius dalam minimalisir penularan, serta pencegahan masuknya virus corona dari luar daerah,” Ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut Jusnan Mokoginta, melalui Kabid Kesmas Inkes Ali Dumbela.

Dikatakannya, langkah ini menindak lanjuti arahan Bupati terkait pencegahan penyebaran Virus Corona di Bolmut. “Memang saat ini Bolmut tidak ada kasus positif corona, tapi kita berupaya sekuat tenaga menekan kemungkinan masuknya virus ini. Caranya, kita memfilter atau menyaring orang yang masuk ke Bolmut, semua kendaraan dihentikan dan seluruh pengemudi dan penumpang diperiksa suhu tubuhnya menggunakan Thermal Gun, apabila suhu tubuh tinggi akan diperiksa lebih lanjut, ” Kata Ali.

Lebih lanjut dikatakannya dalam pemeriksaan, pelintas batas yang suhu tubuhnya di atas 36 derajat celcius diperiksa kesehatan dan riwayat perjalanannya beberapa waktu terakhir di pos yang didirikan di kompleks jembatan Desa Tuntulow. “Kalau tinggal Bolmut, maka orang yang suhu tubuhnya tinggi dan diikuti gejala corona akan diberi tindakan. Mungkin kita rawat di Puskesmas, diminta menjalani karantina di rumah atau karantina di rumah sakit, tergantung kondisinya. Kalau dari luar Bolmut maka kita minta kembali karena untuk sementara Bolmut tertutup untuk virus corona,” Tutupnya. (Adve/ipul)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed