oleh

Puluhan Warga Asal Bolmut Tertahan di Pelabuhan Ternate

BOLMUT- Puluhan Warga asal Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang bertolak dari Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, tertahan di ruang tunggu Pelabuhan Feri Ternate. Warga Bolmut yang terdiri dari penambang dan tukang itu hendak mau pulang mencari kapal tujuan Ternate – Bitung, namun ditengah pandemi saat ini tidak di ijinkan Kapal penumpang dari Ternate untuk berlabuh di Pelabuhan Kota Bitung, Sulut.

Hal tersebut diketahui, melalui komunikasi via telpon dari salah satu calon penumpang warga Bolmut dengan Anggota DPRD Bolmut. Dalam Percakapan tersebut, mereka meminta DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bolmut dapat memfasilitasi kepulangannya dan bersedia di isolasi sesuai Protap Kesehatan pencegahan covid 19. Kamis, (7/5).

“Hari ini dapat info, ada sekitar 30 orang warga Bolmut terjebak di pelabuhan fery Ternate, mau lewat Bitung tapi Walikota Bitung sudah melarang kapal penumpang untuk berlabuh di Bitung,” Kata Budi Setiawan Kohongia Anggota DPRD Bolmut.

Padahal Lanjut Budi, para penumpang tersebut juga telah mengantongi surat keterangan kesehatan dari petugas medis setempat. “Dorang sudah mengurus surat keterangan sehat yang diperlukan,” Ungkapnya.

Sementara, anggota Komisi III DPRD Bolmut Suriansyah Korompot mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Bupati Bolmut. Namun, informasi yang diterima sudah ada pemberitahuan dari Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Sulut ada pembatasan yang diberlakukan Pemerintah Provinsi Sulut terkait pencegahan penyebaran virus Corona masuk ke daerah itu.

“Tadi saya langsung bertemu Bupati dan beliau juga langsung menghubungi Walikota Bitung, tapi katanya tidak bisa karena sudah ada surat dari Gubernur Sulut,” Jelasnya.

Suit Pontoh, anggota DPRD Bolmut dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga angkat bicara, menurutnya jika untuk kepentingan warga Bolmut DPRD tetap berusaha mencari jalan keluar.  “Kita minta ke Pemerintah Daerah. Kalau masalah rakyat begini jangankan di jemput di Bitung, jemput di Ternate pun jadi kalau benar-benar mau bertindak,” Pungkas Suit.

Hingga berita ini di publiksikasikan, DPRD masih terus berupaya mencarikan solusi atas kepulangan warga Bolmut dan akan meminta Pemda untuk menyediakan bantuan ataupun tempat isolasi. (Ipul)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed