oleh

Saiful Ambarak Desak Gubernur Sulut Ajukan PSBB

BOLMUT- Mengingat jumlah pasien Virus Corona di Sulut semakin bertambah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmut) Saiful Ambarak S.Pd.i  meminta kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk segera mengajukan  PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) kepada pemerintah pusat.

Menurutnya melihat presentasi jumlah pasien terus meningkat, pemberlakuan PSBB merupakan langkah efektif dalam menekan jumlah pasien yang terpapar virus Corona. “ Kami mengharapkan pak Gubernur segera mengajukan PSBB untuk daerah Nyiur Melambai kepada pemerintah pusat. Mengingat  sampai saat ini jumlah pasien positif di sulut berjumlah 82 orang 47 dalam perawatan, 5 orang meninggal dan 30 dinyatakan sembuh, sementara ODP 125 orang dan PDP berjumlah 102 orang. Tentunya angka ini membuat kekuatiran banyak pihak sehingga sehingga PSBB merupakan kepastian strategi yang harus dilakukan, “ Ungkap Politisi Partai Golkar Bolmut pada media ini, Kamis (14/5)

Lanjutnya, dalam PP Nomor 21 Tahun 2020 Pasal 1, dijelaskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan pembatasan kegiatan tertentu dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Lalu dalam PMK Nomor 9 Tahun 2020 Pasal 2 untuk dapat ditetapkan PSBB, maka suatu wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota harus memenuhi dua kriteria.

Pertama, jumlah kasus atau kematian akibat penyakit meningkat dan menyebar secara signifikan ke beberapa wilayah.

Kedua, wilayah yang terdapat penyakit memiliki kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa yang terdapat di wilayah atau negara lain.

“ Misalkan PSBB di putuskan, strategi ini akan membuat penanganan lebih terfokus sehingga pandemi bisa ditangani lebih maksimal,” Kata Ambarak, sembari mengharapkan dukungan dari semua pihak terkait kebijakan tersebut. (Ipul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed