oleh

Perjelas Realisasi Anggaran Covid-19, DPRD Bolmut Gelar RDP Bersama Dinkes

BOLMUT- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmut melalui Komisi I, yang membidangi kesehatan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Kesehatan. Rabu (16/6) 2020.  Adapun maksud dan tujuan RDP yang digelar diruang Komisi 1 itu, untuk menjawab keluhan masyarakat mengenai anggaran penanganan pandemi Virus Corona (Covid-19).

Wakil Ketua II, Saiful Ambarak mengatakan kegiatan ini patut digelar mengingat besaran anggaran yang dialokasikan dalam penanganan Covid-19 yang sampai saat ini realisasinya menjadi keluhan masyarakat. ”Melihat anggaran yang terlalu besar ini kami nilai tidak terlalu efektiv, karena sampai sejauh ini kami masih mendapatkan keluhan dari masyarakat yang tidak kebagian Alat Pelindung Diri (APD) contohnya seperti masker,” Ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua II , Drs Salim Bin Adbullah mempertanyakan soal tumpah tindihnya anggaran penanganan COVID-19, yang  harusnya ada kepastian jumlah anggaran yang terealisasi mengingat laporan bahwa TAPD telah melakukan beberapa kali pergeseran anggaran. “ mohon maaf bukannya kami tidak percaya namun yang kami takutkan jangan sampai setelah COVID-19 ini akan ada masalah baru dengan pihak hukum apalagi sanksinya sangat berat, sehingga sebagai lembaga yang mempunyai fungsi pengawasan kita harus mengingatkan hal tersebut,” jelas Salim.

Menjawab hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr Jusnan C Mokoginta MARS mengatakan bahwa anggaran yang terserap saat ini di Dinkes Bolmut sudah berkisar Rp 2,6 Miliyar untuk pembelian Rapid tes,Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, hazmat dan sebagainya.

“ Setiap penyerahan kita buktikan dengan photo, dan saya menjamin tidak ada kong kalikong pada anggaran COVID-19 dikabupaten Bolmut, sehingga untuk rincian nanti kita serahkan sesuai data valid, tujuannya agar anggaran ini jelas sesuai harapan anggota DPRD Bolmut,”jelas Jusnan sembari menambahkan, pihaknya menjamin tidak ada tumpah tindih soal anggaran COVID-19 dikabupaten Bolmut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten I Pemda Bolmut, Drs Leksi Talibo dan Kepala Dinkes Bolmut bersama jajaran, Direktur RSUD Bolmut, dr Winny Suwikromo dan para Kepala Puskesmas yang tersebar di enam kecamatan. (ipul)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed