oleh

Pilkada Sulut: Datusolang Harapkan Lahir Pemimpin Kompeten dan Amanah

BOLMUT- Menghadapi Pesta demokrasi 9 Desember mendatang dimana Mayarakat Sulut, Khususnya Bolaang Mongondow Utara akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

Dari pendaftaran hingga penetapan. KPU Sulut telah menetapkan tiga Paslon Cagub dan Cawagub yang akan bertarung merebut tambuk kekuasaan di Tanah Nyiur Melambai.

Untuk itu Ketua DPD Bolmut Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Yanto Datusolang mengharapkan pada Pilkada ini dapat menghasilkan calon pemimpin daerah yang baik, cakap/cerdas, kompeten, dan amanah.

” Agar melahirkan pemimpin yang baik, para paslon kepala daerah yang akan bersaing dalam pertarungan ‘panas’ nanti untuk tidak terjebak dalam “syahwat kekuasan” yang cenderung ambisius, curang, dan kolutif,” tukas dia, Kamis (22/10/2020).

Lebih dari itu disampaikannya, apabila melihat potensi masing-masing daerah yang bisa dikembangkan lebih berkemajuan, mandiri, sejahtera, dan makmur, serta tuntutan daerah untuk menghadapi persaingan global, khususnya dalam menghadapi pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN, maka dibutuhkan kepala daerah yang bertipe penerobos (breakthrough leadership).

“Disebut Breakthrough¬†(penerobos), adalah kepala daerah yang mempunyai kemampuan untuk membawa perubahan¬†extra-ordinary¬†terhadap daerahnya, sehingga merealisasikan kemajuan daerah, yang selama ini dianggap tidak mungkin dilaksanakan,” Ujar Datusolang.

Lanjut dia, sebagai masyarakat pemilih mengharapkan proses Pilkada dapat memenuhi kriteria. Pertama, Pilkada yang diselenggarakan secara profesional, jujur, dan adil (jurdil), bertanggung jawab dan bersih dari segala bentuk kecurangan.

Kedua, Pilkada tidak hanya sekedar rutinitas memilih kepala daerah, namun Pilkada yang berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat daerah,”

Ketiga, kemajuan daerah sangat tergantung kepada kualitas pemimpin daerahnya, oleh karena itu memilih calon pemimpin daerah yang terbaik menjadi niscaya. Sehingga kita berharap di daerah lahir para kepala daerah yang mencatatkan prestasi gemilang bagi daerahnya.

” Kita berharap, publik untuk memilih calon pemimpinnya dengan cerdas, yakni memilih siapa kiranya di antara paslon-paslon kepala daerah yang mampu dan kompeten memerankan model kepemimpinan penerobos. Sehingga, memungkinkan bisa mewujudkan visi-misi dan janji-janji politik yang mereka dengungkan dalam setiap kampanye,” tutup Datusolang. (Ipul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed