oleh

Pilkada Ditengah Pandemi, KPU Manado Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

MANADO- KPU Kota Manado menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Lapangan Bantik Malalayang, Sabtu (21/11/2020).

Dalam simulasi ini, lokasi lapangan Bantik disulap menjadi TPS layaknya pemilihan dengan sejumlah logistik seperti surat suara, kotak suara, bilik suara dan lainnya dengan penerapan protokol kesehatan.


Simulasi penghitungan suara oleh petugas TPS

Mulai dari pintu masuk TPS dan menjaga jarak saat akan memasuki TPS. Kemudian pemilih diharuskan memakai masker serta di cek suhu tubuhnya dan diberikan sarung tangan.

Kasubag Teknis KPU Manado, Fachrudin Lauma mengatakan, simulasi tersebut dilaksanakan dimulai sejak pukul 07:00 Wita dengan menggunakan protokol kesehatan, sebagaimana yang akan dilakukan 9 Desember 2020 nanti.

“Artinya setiap pemilih yang datang wajib mengikuti protokol kesehatan, salah satunya wajib memakai masker,” jelas Lauma

Para pemilih juga wajib mengisi absen dan akan dicek kesesuaian menurut KTP dan formulir C6 atau surat pemberitahuan memilih setelahnya dipersilahkan duduk di ruang tunggu yang sudah berjarak.

“Apakah terdaftar atau tidak. Kalau terdaftar tanda tangan daftar hadir dan lanjut ambil surat suara untuk ke bilik bila tidak ada antrian. Nantinya disela-sela kegiatan, kalau TPS sepi langsung dilakukan penyemprotan disinfektan yang dilakukan petugas,” ujarnya.

Lanjutnya, setelah berada di bilik dan telah melakukan pencoblosan, pemilih langsung bisa berjalan untuk mengisi kotak suara dengan suara suara yang sudah tercoblos.

“Selesai mencoblos pemilih lanjut ke petugas untuk menerima tetesan tinta untuk mencegah penularan virus, setelah itu keluar, jadi untuk memilih diperkirakan hanya memakan waktu sekitar 5 menit,” tutup Lauma.

(David)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed