oleh

Program Pupuk Gratis Oleh JGKWL, Sentuh Kaum Petani

MINUT- Pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Minahasa Utara tahun 2020 masyarakat berharap melahirkan pemimpin yang dapat mensejahterakan masyarakat diberbagai sektoral. Salah satunya sektor pertanian.

Dimana sebagian besar masyarakat Bumi Klabat menggantungkan hidupnya sebagai petani. Namun tingkat kesulitan, seperti bibit, pupuk dan alat tani cenderung jadi keluhan.

Seperti dikatakan warga Desa Kauditan dua, Kecamatan Kauditan. Haris Ismail, selama lima tahun dirinya gantung nasib keluarganya dengan bertanam jagung untuk penuhi kebutuhan hidup.

“Persoalan pupuk jadi kendala. Biayanya yang cukup hamal bahkan susah didapat. Saya tanam jagung di lahan seluas 1 hektar, butuh 4 karung pupuk urea dengan harga 380 ribu dan 4 karung pupuk ponska 750 ribu ditambah biaya sewa tracktor selama 4 jam untuk mengemburkan tanah serta mengangkat kotoran dan gulma sebelum proses menanam,” beber pria paruh baya itu.

Dengan kondisi tersebut, Ismail menyentil Pasangan Calon Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL) adalah solusi para petani selama lima tahun kedepan.

“Dalam program JGKWL nomor 9 poin A tentang bantuan bibit dan pupuk gratis sangat membantu kami sebagai petani,” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, selama dirinya menjadi petani jagung, belum ada upaya dari pemerintah terkait bantuan pupuk gratis.

” Disini memang ada kelompok tani. Tapi pupuk masih dibeli sendiri oleh petani untuk itu kami sangat berharap JGKWL dapat merealisasikan program pupuk gratis untuk lima tahun kedepan,” tukasnya.

(David)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed