oleh

Pemdes Wasian Gelar Musdes Hasil Pendataan SDGs

MINUT- Setelah tuntas melalukan pendataan IDM berbasis SDGs. Pemerintah Desa (Pemdes) Wasian bersama BPD mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan SDGs pada tahun anggaran 2021.

Musdes dihadiri Camat Dimembe yakni, Ansye Dengah dan anggota BPD serta perangkat desa didalamnya Pokja yang merupakan tim pendata dan keterwakilan masyarakat desa wasian Selasa (25/5/2021).

Di sela kegiatan Camat Ansye menuturkan, musdes penetapan hasil pendataan SDGs ini bertujuan untuk menjalankan progam kerja turunan dari Kementerian Desa.

” Ini upaya mewujudkan suatu Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, ” Ujar Dengah.

Sementara Plt Hukum Tua Desa Wasian, Simon J. Kolondam mengatakan, Desa Wasian merupakan Desa berprestasi terkait pendataan SDGs. Pasalnya, dari seluruh desa yang ada di Minahasa Utara Desa Wasian pertama menyeselesaikan proses pendataan dan penginputan hingga rangkum 100 persen.

“Pelaksanaan Musdes sudah berjalan dan sesuai dengan pedoman umum musdes penetapan hasil pemutakhiram data yang dalam forum musyawarah ini diselenggarakan bersama BPD, guna memberikan legalitas atas hasil pendataan kewilayahan dan kewargaan lingkup Desa yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa melalui Kelompok Kerja (Pokja) Relawan Pendataan Desa, ” beber Kolondam saat ditemui usai pelaksanaan Musdes.

Ditempat yang sama, Sekdes Desa Wasian Silvia Kamagi juga selaku koordinator Tim Pendata berharap dengan adanya Musdes hasil pendataan SDGs bisa menghasilkan rekomendasi perbaikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat agar mencapai tujuan-tujuan dalam SDGs Desa.

” Musdes sebagai landasan utama dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa berdasarkan Musyawarah Mufakat, keadilan, keterbukaan, transparan, akuntabel, partisipatif, demokratis dan kesetaraan, agar progam-progam desa berjalan dengan baik. Dan untuk dokumen kegiatan musdesus sudah dikirim ke PUSDATIN Kementrian Desa, ” pungkas Sil sapaan akrab Sekdes Wasian.

(David)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed