oleh

Pendataan IDM Berbasis SDGs Desa Wasian Rampung 100 Persen

MINUT- Proses Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) Berbasis Sustainable Development Goals Desa (SDGs) oleh Kelompok Kerja (Pokja) Desa Wasian, Kecamatan Dimembe pada Senin (17/5) telah rampung.

Kurang lebih sebeluan melakukan pendataan lewat aplikasi hingga mencapai 100 persen sebelum batas waktu yang di berikan kementrian desa yakni 31 Mei 2021.

Plt Hukum Tua Desa Wasian, Simon Kolondam apresiasi Pokja atau tim pendata dibawah koordinator Sekdes Silvia Kamagi serta seluruh elemen masyarakat yang sudah mensukseskan pendataan IDM berbasis SDGS tahun 2021 ini.

“Kerjasama yang baik dari seluruh Tim serta masyarakat desa wasian yang sudah menerima tim pendata di rumah masing-masing hingga memberi data yang akurat, data yang otentik sesuai dengan fakta yang ada demi kelancaraan Proses Pemutakhiran IDM, ” ungkap Kolondam.

Dijelaskannya, ada sembilan arah pembangunan desa yang menjadi tujuan SDGs desa. Sembilan poin tersebut adalah desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan.

“Ada pula desa peduli lingkungan hidup, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, desa tanggap budaya dan desa Pancasila. Artinya SDGs ini menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan dalam pelayanan kesejahteraan Desa Wasian,” Pungkas Kolondam.

Sementara Dalam proses pendataan SDGs seperti disampaikan Koordinator Tim Silvia Kamagi mengatakan, pendataan sesuai dengan SOP Kementrian Desa.

” Dalam pendataan penduduk yang tidak memiliki nomor Induk kependudukan atau memiliki Kartu Keluarga luar domisili Desa Wasian tidak bisa di masukkan dalam aplikasi SDGs. Dengan sendirinya terjadi pengurangan jumlah jiwa/individu di desa Wasian yang semula 2987 jiwa menjadi 2828 jiwa, ” beber Silvia juga selaku Sekertaris Desa Wasian.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah menyelesaikan penginputan IDM status desa Wasian di tahun sebelumnya berstatus “BERKEMBANG” kini berubah status “MAJU”.

“Ini hasil kerja keras dari tim pendata dan peran pemerintah kecamatan didalamnya Camat Dimembe ibu Ansye Dengah yang selalu membekali Pokja Wasian serta pendamping lokal Desa Wasian yakni bapak Novie Ariantho Pusut yang selalu mendampingi desa dalam penginputan,” tutup Sekdes Cantik ini.

(David)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed