oleh

Bersama Gubernur Sulut, Bupati JG dan Wabup KWL Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

MINUT- Bupati Minahasa Utara Joune Ganda,SE dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, SH.MH mengikuti upacara peringatan hari lahir pancasila secara virtual melalui konferensi video Selasa (1/6/2021).

Upacara virtual yang berlangsung di Pendopo Kantor Bupati Minut dihadiri Gebernur Sulut Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven Kandow dan Sekprov Edwin Silangen serta Wali Kota Manado Andre Angouw didampingi Wakil Walikota Ricard Sualang beserta seluruh Forkopinda Propinsi Sulut, tokoh adat dan tokoh agama.


(foto bersama Bupati dan wakil bupati Minut bersama Pemprov Sulut dan Forkopinda)

Presiden Joko Widodo yang bertindak selaku inspektur upacara dalam konferensi video mengajak untuk selalu menjunjung dan memaknai nilai-nilai Pancasila.

Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi transnasional yang cenderung meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi,” Ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Jokowi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi. Revolusi Industri telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog baik interaksi dan berorganisasi dalam skala besar di lintas negara.

“Peningkatan dan kemudahan teknologi ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu. Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini,” imbuhnya.

Mengakhiri amanatnya, Jokowi
mengajak untuk bersatu padu dan bergerak aktif untuk memperkokoh nilai nilai pancasila agar benar-benar menjadi fondasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkemanusiaan.

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey usai upacara virtual mengatakan, Hari lahir Pancasila 1 Juni ditetapkan sebagai hari nasional sehingga wajib untuk diperingati.

“Tanggal 1 Juni sudah ditetapkan lahirnya Pancasila. Kita harus bersyukur, meskipun hari libur ini kita wajib memperingati karena sudah jelas Pancasila sebagai pedoman pemersatu bangsa,” ujar Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan.

Selaku tuan rumah Bupati Minahasa Utara Joune Ganda,SE didampingi Wakil Bupati Kevin William Lotulung, SH.MH menyampaikan upacara memperingati hari lahir Pancasila dirangkaikan dengan Pencanangan Gerakan Aksi Nyata Minahasa Utara Bumi Revolusi Mental 2021-2025 serta webinar Sarasehan Nasional Kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

(David)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed