oleh

“Tancap Gas” Matangkan Persiapan. Jane Sangian: Festival Kolintang Siap Dihelat

MINUT- Mensukseskan Festival Kolintang Minut Hebat 2021 yang akan dihelat besok 10 Juni terus dimatangkan panitia pelaksana.

Semua keperluan dan kebutuhan dalam perlombaan kolintang yang bertemakan “Kolintang Untuk Dunia” dimantapkan panitia dengan mempersiapkan dekorasi, sound system dan alat musik Kolintang.

“Panitia telah mempersiapkan alat musik lengkap dengan sound untuk digunakan oleh peserta dengan kualitas baik, sehingga para peserta yang akan mengikuti festival nanti bisa menampilkan pertunjukan terbaik,” beber Prof Perry selaku Panitia sembari beberkan kriteria penilaiannya terbagi dua, yakni penilaian instrumen 80 persen dan 20 persen untuk vocal.

Sementara itu, Ketua Panitia Dr. Jane Sangian mengatakan, pelaksanaan festival Kolintang ini merupakan upaya melestarikan dan mengembangkan kembali alat musik tradisional di kabupaten Minahasa Utara.

” Ini satu pembuktian pada dunia bahwa musik kolintang di tanah Minahasa telah berkembang dan tetap digunakan. Apalagi bupati kita pak Joune Ganda adalah ketua Persatuan Insan Kolintang (PINKAN) Sulut dan Tonaas Wangko Minaesa Amian sehingga pelestarian musik Kolintang harus menjadi tanggung jawab bersama sebagai warga Minahasa,” Ujarnya.

Lanjut Sangian pelaksanaan Festival Kolintang ini mendapat dukungan penuh Bupati Joune Ganda dan pihak panitia telah berkoordinasi dengan tim gugus sehingga pelaksanaan wajib mematuhi protokol kesehatan.

Perlu diketahui bersama sebelumnya pada Jumat (4/06) lalu dilaksanakan technical meeting dan penyampaian kriteria penilaian oleh panitia yang dipimpin langsung oleh ketua panitia Dr. Jane E. Sangian, S.Pd.,M.Si bersama Prof. Dr. Perry Rumengan, M.Sn. (Sendratasik Unima).

(David)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed