oleh

Momentum Hari Pahlawan, Bupati JG Gelar Upacara dan Berziarah ke Makam Bersama Forkopimda

MINUT- Dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) menggelar upacara di lapangan Kantor Bupati. Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Bupati Minut Joune Ganda dan Komandan upacara Lettu Inf Abdul Razak.


Dalam Sambutannya, Bupati Joune Ganda mengingatkan bahwa negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan, ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik adu domba. Para pemimpin bangsa menyadari dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Kita sadar kita semua berbeda-beda tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan.

“Para pendiri bangsa ini menyadari dengan membangun identitas bangsa bahwa kita semua bersaudara sebangsa dan setanah air, inilah pelajaran berharga. Kita sadar bahwa kita berbeda beda tetapi jangan sampai terpecah pecah oleh perbedaan sara, suku, agama dan antar golongan yang akan membuat kita mundur jauh dari sebelum sumpah pemuda,” imbuh Bupati.

Bupati juga mengajak semua, agar harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia. Sebab perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita sebagai bangsa Indonesia.

“Kita harus lebih maju dengan bersama mewujudkan cita-cita para pahlawan. Pertempuran 10 November di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan untuk mempertahankan kemerdekaan,” tegasnya

Dirinya mengingatkan tentang semangat tekad dan keyakinan para pahlawan harus dapat menginspirasi dan menggerakkan kita untuk mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya yaitu kemiskinan dan kebodohan, dalam arti yang luas hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku, Inspirasiku”.

“Melalui peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 marilah kita bersama-sama dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” ajak Bupati.

Usai melaksanakan upacara, Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung bersama para Forkompimda melakukan kegiatan ziarah ke makam para pahlawan, diantaranya Makam Maria Walanda Maramis, serta AA Maramis.

Bupati Joune Ganda dalam pesannya meminta semua warga untuk tidak terpecah belah oleh perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan.

“Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia, perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita bangsa Indonesia,” kata bupati saat ziarah ke makam pahlawan.

Upacara sampai ziarah ke makam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang dihadiri oleh Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo, S.Ik, SH, Pabung Minut Kodim 1310/Btg Mayor Inf. Jemmy Lotulung, Kajari Minut Fanny Widiastuty, SH. MH, Sekda Kab. Minut Ir. Jemmy H. Kuhu, MA beserta Para kepala OPD di Lingkup Pemkab Minut juga para tamu undangan.

(Advetorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed