oleh

Pemkab Minut Terima Bantuan Bibit Kelapa Dari Kementan RI. Joune Ganda: Dorong Sektor Pertanian Untuk Pulihkan Ekonomi Saat Pandemi

MINUT- Sinergitas Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara bersama Pemerintah Provinsi sulut dan pemerintah Pusat terus terbangun guna mendorong pengembangan sektor pertanian dalam rangka pemulihan ekonomi ditengah Pandemi Covid-19.

Terbukti pada Rabu (18/5/2022), Kabupaten Minahasa Utara menerima bantuan bibit kelapa, pala, jagung dan alat pemipil jagung dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI)

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian RI, Jan Samuel Maringka didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey kepada Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung bertempat di JG Center.

Dalam sambutannya Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Sinergi Pengawasan dengan Mitra, Jan Samuel Maringka, SH.MH, memuji tagline Sulawesi Utara “Mari Jo Ba Kobong”.

“Implementasinya bukan hanya sekedar teori tapi sudah dilaksanakan. Saya menilai ini menjadi contoh pengalaman bagi Kami membawa keberhasilan bagaimana Sulut bisa melewati masa kritis Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, ” Beber Maringka.

Sementara Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE mengatakan bahwa kegiatan pertanian di Sulawesi Utara dalam situasi Pandemi Covid 19 sangat menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dimana pada tahun 2020, Pertumbuhan -0,9%, namun masuk tahun 2021 mencapai +4,17 Pertumbuhan Ekonomi di Sulut.

” 23% disumbangkan dari sektor Pertanian. Untuk itu dengan Program Mari Jo ba kobong artinya mari kita kembali kepada Pertanian, semangat bertani Masyarakat membawa Motivasi baru hingga saat ini, ” Kata Dondokambey.

Atas bantuan tersebut, Bupati Joune Ganda merasa bangga Minut dipilih Kementan RI untuk melakukan kunjungan kerja dan menyerahkan bantuan bibit kelapa dan Jagung.

“ Selaku pemerintah kami berterima kasih sekali atas perhatian dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementan RI beserta bapak Gubernur olly Dondokambey yang sudah memberikan bantuan pertanian guna mendorong dan menggairahkan kembali masyarakat Minut untuk bertanam kelapa dan pala, “ Ungkap Bupati JG.

Lebih lanjut dikatakan Bupati JG, berdasarkan kajian Kementerian Pertanian varietes bibit kelapa cocok ditanam di wilayah Minut dan Minsel, untuk itu dirinya berharap para petani dapat memamfaatkan bantuan tersebut dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“apalagi peran Gubernur Olly Dondokambey sudah membuka peluang ekspor langsung hasil pertanian yang ada di Sulut. Ini merupakan terobosan yang penting untuk memberi nilai ekonomis bagi petani. Untuk itu dengan adanya bantuan ini dapat dimamfaatkan,” Pungkas JG.

Usai penyerahan bantuan pertanian, Irjen Kementan Jan Samuel Maringka dan Gubernur Olly Dondokambey, Bupati JG, Wakil Bupati KWL bersama Bupati Minsel Frangky Wongkar serta Bupati Minahasa Roy Roring beranjak menuju lahan pertanian seluas 2 hektar yang sudah dipersiapkan Dinas pertanian Minut disamping JG Center untuk menanam bibit Kelapa dan Pala.

(Advetorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed