oleh

JWS Berbaur Bersama Top Eksekutif di Aksi Bela Negara

-MINAHASA-207 views

MINAHASA-Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow M.Si (JWS) hadiri kegiatan Launching Aksi Bela Negara se-Indonesia 2017 yang dibuka oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Jenderal (Purn) TNI, Ryamizard Ryacudu pada Rabu (3/5/). Aksi bela negara tersebut bertempat di Grand Kawanua International City Manado. Dimana dalam kegiatan tersebut JWS berbaur bersama Top Eksekutif seperti Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Jenderal (Purn) TNI, Ryamizard Ryacudu, Direktur Potensi Pertahanan Kemhan Dr. Sutrimo Sumarlan, Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan Mayjen TNI Eko Budi S, Staf Ahli Menhan Bidang Sosial Mayjen TNI Deni K. Irawan, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Laksma TNI M. Faisal, Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama kepala daerah provinsi Sulut.

JWS mengatakan, aksi bela negara merupakan komitmen setiap anak bangsa untuk menjaga dan mempertahankan negeri ini dari gangguan dari luar bahkan juga dalam negeri.
“Program ini sangat penting dan strategis, karenanya wajib bagi kita sebagai warga negera untuk peduli terhadap keselamatan dan wibawa sebagai negera yang merdeka dan berdaulat ,” ujar Bupati.
Dia juga mengapresiasi atas dicanangkannya setiap hari Selasa adalah hari bela negara diseluruh wilayah Sulut oleh Gubernur Sulut.
“Dengan adanya pencanangan ini maka membuktikan bahwa Sulut jauh dari perpecahan serta terus membela harga diri NKRI, “tegas JWS.
Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan menjaga tekad dan komitmen terus menanam nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air, ketahanan berbangsa dan bernegara.
“Kita yakin pancasila sebagai ideologi negara akan memunculkan sikap kesetiaan berbakti dan berkorban membela negara yang merupakan modal pembangunan daerah dan bangsa tercinta, “katanya
Sementara itu, Menhan Ryamizard memaparkan tujuan dari Aksi Bela Negara yakni untuk mematangkan semangat cinta tanah air. Selain itu, untuk menguatkan kesadaran bahwa ‘Aku anak Indonesia’, menumbuhkan semangat bela negara melalui sikap menjaga persatuan dan kesatuan anak bangsa dari lingkungan terkecil sampai pada kerangka NKRI.
“Aksi Bela Negara tahun ini mengambil tema ‘Aku Indonesia’ dengan sub tema ‘Merajut Kebersamaan Demi Kokohnya NKRI’, tema ini menggambarkan semangat bangsa Indonesia yang satu dalam kebersamaan demi kokohnya NKRI, “katanya.
Ryamizard menyebut kesadaran Bela Negara merupakan metode yang terbukti ampuh dan handal guna menangkal seluruh bentuk ancaman terhadap keutuhan dan integritas bangsa.
“Esensi bela negara dimaksudkan untuk mewujudkan warga negara yang memiliki kesadaran sikap dan prilaku yang menjunjung tinggi pentingnya aktualisasi nilai-nilai luhur bela negara yaitu bangga menjadi bangsa Indonesia, cinta tanah air dan berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai idenya negara dan rela berkorban untuk bangsa dan negara serta mempunyai kemampuan bela negara, ” ujar Menhan.
Sekedar informasi, Menhan menyambut baik pembentukan pengurus pusat jaringan bela negara serta ikrar bela negara dan kerukunan umat beragama yang diawali di Provinsi, Sulawesi Utara. (yrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed