oleh

Kunker Fahri Hamzah di Sulut, Disambut Penolakan Ribuan Massa

-PRO SULUT-287 views

MANADO—Unjuk rasa ribuan warga manado, warnai Kunjungan kerja (Kunker) dari Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah di kota tinutuan ini. Dimana massa yang tergabung dari berbagai ormas serta lapisan elemen masyarakat sejak pagi tadi memadati Bandara Sam Ratulangi, untuk menghadang kedatangan politisi dari fraksi PKS tersebut.

Dari Pantuan media ini, sambil menunggu kedatangan FH ribuan massa ribuan massa berorasi menolak kedatangan FH dengan menyuarakan Usi Fahri Sekarang Dari Sulut ! . Mereka juga membawa spanduk serta poster yang bertuliskan “Masyarakat Sulut Cinta Damai, Tolak Fahri Hamzah. NKRI Harga Mari”. Infromasi yang didapat media ini FH akan mengadakan Kunker serta diskusi terkait kepemimpinan dan korupsi.

Dalam orasinya, perwakilan elemen masyarakat Manado, Noldy mengungkapkan, masyarakat Sulut menolak kehadiran Fahri Hamzah dan rombongan lantaran dikenal memiliki hubungan erat dengan Front Pembela Islan (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

“Kami menolak kedatangan Fahri Hamzah dan ormas-ormas anti-Pancasila dan radikal untuk masuk ke Sulawesi Utara. Ini aksi spontan kami untuk menjaga NKRI. Bukan karena agama atau ras. Kami mau melindungi bangsa kita dari orang-orang yang mau mengganggu pemerintahan kita,” katanya.

Tampak Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat menyambut Fahri Hamzah di Bandara Sam Ratulangi (isitmewa)

Tak hanya menduduki halaman parkir Bandara Sam Ratulangi, massa juga tampak bersiaga di gerbang masuk bandara, sementara aparat keamanan berjaga di area bandara.

Mendengar Fahri Hamzah melakukan Kunker di Kantor Gubernur, massa langsung menuju ke kantor Gubernur Sulut. Namun massa langsung dihadang personi kepolisian. Dalam aksi kali ini, massa menuntut untuk dipertemukan dengan Gubernur. “Tugas pemerintah untuk menghalangi ormas radikal. Tapi malah ini diterima Gubernur. Minahasa itu cinta damai. Jangan sampai membiarkan FPI masuk lewat Fahri Hamzah,” Sorak salah satu dari ribuan massa.
Masa juga menuntut Fahri Hamza untuk meninggalkan daerah Sulut. “Kami ada keluarga, Tapi demi mengusir Hamzah kami tolak dirinya mengijankan kaki di sini. Minahasa cinta damai, jangan masuk dan rusak kedamaian daerah kami. I yayat U Santi, ” seruh perwakilan masa.

Tampak ribuan massa saat memadati Kantor Gubernur Sulut dan langsung dihadang petugas yang sudah terlebih dahulu berjaga-jaga (istimewa)

Sontak massa langsung menyeruakan suara Hidup Minahasa Tuama. Masa meminta dalam 10 menit untuk bisa masuk di kantor gubernur. “Kami tidak akan merusak ataupun berbuat anarki. Kami hanya ingin bertemu dengan gubernur,” Dalan 3 menit tidak ada perwakilan masa akan menerobos barisan polisi. “Kami akan menerobos jika tak ada perwakilan yang datang kemari, ” seruh mereka

Gubernur Sulut Olly Dondokambey pun turun memberi penjelasan kepada masa. Menurutnya, pihaknya tidak akan menggadaikan saudara-saudara. “Untuk itu berikan kepercayaan kepada saya untuk menyelesaikan masalah ini. Biarkan saya berbicara dengan pihak kepolisian kasih tanggung jawab saya sebagai gubernur untuk berbicara dengan mereka,” ujar Olly. Olly juga mengatakan, Sulut adalah daerah penuh toleransi.
“Lihat dengan pekan kerukunan, paskah nasional, dan bela negara yang telah terlaksana di Sulut. Untuk itu berikan kepercayaan kepada saya. Nanti serahkan urusan ke saya. Nanti kita sama-sama bernegosiasi selesaikan masalah ini,” ujar Olly di tengah kerumunan masa.

Usai Kunker di Kantor Gubernur Fahri Hamah diberi Cendramata (istimewa)

Sontak muncul seruan dari ribuan masyarakat mengatakan usir Fahri. Seorang orator mengatakan tidak ada negosiasi.
“Fahri Hamzah haram menginjak tanah Minahasa. Dia provokator klas kakap. Sekali lagi jangan biarkan dia masuk kemari. Jaga setiap pintu keluar bandara,” serunya. Sebagian Masa pun bergerak menuju pintu masuk jalan teterusan depan rumah sakit auri menjaga Fahri Hamza jangan sampai lolos. Nyanyian dan teriakan I Yayat U Santi terdengar di setiap titik berkumpulnya masa.
Perlu diketahui bersama, usai melakukan Kunker di Kantor Gubernur Sulut, Fahri Hamzah langsung bergegas pulang menuju Jakarta. (yrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed