oleh

Tiga Angka Terakhir di Rupiah, Akan Dipangkas BI

-NASIONAL-168 views
Mata uang rupiah (ist)

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memastikan akan memangkas atau redenominasi tiga angka terakhir dalam mata uang rupiah. Hal ini dikatakan oleh Asisten Gubernur Kepala Kebijakan Departemen Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo.

“Tiga angka terakhir yang dipangkas, misalnya nilai Rp 1.000 menjadi Rp 1,” ujar Dody.

Lebih lanjut, pihaknya siap kapan pun jika diminta membahas redenominasi oleh DPR. “Posisi BI siap seandainya anytime diminta membahas redenominasi, yang mengajukan redenominasi masuk Prolegnas adalah pemerintah, karena inisiatif redenominasi adalah pemerintah,” jelasnya.

Dody juga menjelaskan dengan adanya redenominasi nanti tak akan mempengaruhi harga barang atau kemampuan daya beli seseorang. Sehingga laju inflasi tetap stabil.

“Tidak ada pengaruh ke inflasi, karena redenominasi hanya memotong angka desimal dalam satuan nilai. Tidak pengaruh ke harga barang atau wealth seseorang,” tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, saat ini merupakan saat yang tepat untuk menyederhanakan mata uang rupiah atau redenominasi.

Pemerintah pun mengupayakan agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Redenominasi bisa kembali masuk program legislasi nasional (prolegnas) pada tahun ini.

Meski demikian, pemerintah baru akan siap mengajukan RUU tersebut ke DPR jika BI sudah siap. Seperti diketahui, yang berhak untuk mengajukan RUU tersebut adalah pemerintah.

Sumber: Kumparan.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed