oleh

Gaghana Sebut Sangihe Seperti Indonesia Kecil

-NUSTAR-139 views


Jabes Ezar Gaghana SE ME (istimewa)
Foto: Jabes Ezar Gaghana SE ME (istimewa)

SANGIHE: Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengatakan, bahwa daerah Nusa Utara tersebut seperti Indonesia kecil. Karena keberagaman suku maupun agama sudah hidup rukun dan damai sejak dari dulu.

Bahkan Ketua GMIST ini mengungkapkan bahwa Sangihe lebih tolerir dan lebih baik kehidupan beragamanya dibandingkan daerah lainya yang berada di Sulut.

“Karena di Sangihe tidak ada riwayat perpecahan atau gejolak sosial yang diakibatkan karena isu agama, “tegasnya

Dirinya menuturkan, di Sangihe toleransinya merupakan tradisi turun temurun karena terjadi asimilasi perkawinan sebagai indikator, bahwa perbedaan keyakinan bukanlah persoalan, karena tetap satu yakni didalam bingkai keluarga.

“Ada yang Kristen menikah dengan Islam dan sebaliknya maka kekeluargaan itu sebagai perekat perbedaan. Sebagai miniatur Indonesia, Sangihe adalah Indonesia kecil yang rukun dan damai tidak ada perpecahan antar umat beragama di Sangihe, “tuturnya.

Lanjutnya Jabes, kerukunan antar umat beragama adalah tradisi yang telah membudaya. Sehingga Sangihe menjadi daerah teraman di Perbatasan Indonesia, “jelasnya

Dirinya berharap kerukunan di Sangihe harus terus dijaga dan jangan mempersoalkan perbedaan namun jadikan perbedaan sebagai sebuah estetik kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mari kita pertahankan apa yang sudah kita buat sekarang ini. Karena dengan adanya ini membuktikan bahwa Sangihe adalah daerah aman serta menjunjung tinggi perbedaan, “tandasnya (yrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed