oleh

Astaga!!! Butuh Uang Untuk Pengobatan Anaknya, Warga Dendengan Luar Ini Nekat Mencuri Rokok

-HUKRIM-139 views
PEDULI: Kapolresta Manado saat memberikan bantuan di Rumah Dwi. (ist)

MANADO–Butuh uang untuk biaya pengobatan anaknya yang sedang sakit, lelaki DPA Alias Dwi (30) warga Kelurahan Dendengan Luar, Lingkungan IV Kecamatan Paal Dua, nekat mencuri rokok di warung milik keluarga Rulugala-Palantung yang berada di Desa Pineleng I, jaga III, Kecamatan Pineleng, pada Sabtu (17/2/2018) siang.

Pelaku kemudian diamankan anggota Polsek Pineleng setelah sebelumnya sempat diamuk warga sekitar.

Kapolsek Iptu Batara Indra ketika dikonfirmasi mengatakan, awalnya pelaku masuk kedalam warung tersebut, kemudian mengambil 18 bungkus rokok berbagai merek, lalu mencoba untuk kabur. Sayangnya aksi pelaku dipergoki oleh pemilik warung yang seketika itu juga langsung berteriak maling. Sontak saja warga langsung berdatangan dan akhirnya pelaku babak belur dihajar warga.

Untung saja tidak lama kemudian pihak kepolisan langsung mendatangi lokasi kejadian sehingga pelaku langsung diamankan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat diinterogasi, pelaku mengaku baru pertama kalinya mencuri dan terpaksa dia lakukan karena bingung mencari biaya tambahan untuk dua anaknya yang sedang sakit sehingga membuat dia gelap mata.

Mendengar jawaban pelaku, Kapolsek Pineleng Iptu Batara Indra, merasa tergugah hatinya dan berniat membantu pelaku. Apalagi saat dilakukan penyelidikan, pelaku tidak punya catatan kriminal.

“Kami memandang dari sudut manfaat hukum, yang mana pelaku mencuri karena butuh uang untuk berobat anaknya. Jadi kami berinisiatif untuk mendamaikan pelaku dan korban yang merupakan Alternatif Dispute Resolution (ADR) penyelesaian masalah diluar pengadilan,” jelas Kapolsek Pineleng, Iptu Batara Indra.

Selain mendamaikan ke dua belah pihak, Kapolresta Manado bersama Polsek Pineleng pergi kerumah pelaku dan memberikan bantuan untuk membantu pengobatan anak pelaku dan sembako untuk kebutuhan sehari-hari.

“Semoga kedepan pelaku tidak buntu pikiran dan tidak berbuat melawan hukum, dan diharapkan masyarakat jangan main hakim sendiri apabila menemukan pelaku kejahatan segera lapor,” pungkasnya. (Irv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed