oleh

Kunjungan Kerja Jokowi Terfokus Empat Lokasi di Minut, Bumi Klabat Jadi Perhatian Pemerintah Pusat

MINUT- Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Kamis (19/01/2023).

Sehari berada di Tanah Tonsea, Presiden Jokowi di dampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung melakukan kunjungan kerja di empat lokasi berbeda.

Diawali dengan blusukan ke Pasar Airmadidi, Kelurahan Sarongsong Satu. Jokowi disambut antusias warga dan pedagang menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini saat meninjau aktifitas pasar serta memantau dampak inflasi kebutuhan pangan dan mengecek harga bahan pokok di Minahasa Utara.

Sembari berdialog bersama para pedagang, Jokowi membagikan baju kaus hitam bertuliskan nama dan bergambar wajahnya ke warga.

Usai blusukan di Pasar Airmadidi, Jokowi meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Bendungan yang memiliki luas 156 Hektar serta daya tampung mencapai 26 juta meter ini masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) dan difungsikan sebagai sumber air baku, serta pengendali banjir di wilayah Manado, Minahasa Utara, dan Bitung.

Selanjutnya Presiden Jokowi bersama rombongan yang terdiri dari Menteri PUPR, Dr. (H.C.) Ir. H. M. Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D.; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Bupati Joune Ganda dan wakil Bupati Kevin Lotulung berkunjung ke Hotel Marriott di desa paputungan, Kecamatan Likupang Barat.

Jokowi memantau langsung progres pembangunan Hotel Marriot yang merupakan salah satu hotel bintang lima sebagai penyanggah Minut dalam menunjang destinasi wisata pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang.

Selanjutnya rombongan bergerak menuju pelabuhan penyebrangan munte, Kecamatan Likupang Barat. Jokowi meninjau langsung kondisi dermaga yang nantinya akan menjadi akses penting penyeberangan antar daerah kepulauan yang menjadi obyek wisata di Kabupaten Minahasa Utara yakni Pulau Lihaga, Pulau Gangga dan Pulau Talise.

Diketahui Pelabuhan Munte merupakan pelabuhan milik pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang dihibahkan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Perhubungan lewat berita acara serah terima Hibah Barang Milik Negara (HBMN) juga diserahkan Sarana Bantuan Navigasi Pelayaran (SBNP) dan suar alur Likupang pada September 2022 silam.

(David)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed